Jumat, 11 Februari 2011

Source : http://adibey.blogspot.com/2010/10/cara-memasang-navigasi-breadcrumb-di.html#ixzz1FhndAc00

Tutorial Membuat Winamp Di Blog

Menghiasi blog adalah hal yang harus kita lakukan, agar blog terlihat indah dan menarik. Salah satunya yaitu dengan memasang Plylist di Blog. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara memasang Playlist di Blog. Playlist yaitu sebagai aplikasi untuk memutar musik dengan format MP3 dan sejenisnya, atau seperti Aplikasi Winamp yang terpasang di komputer pada umumnya.


Peyedia layanan playlist begitu banyak di internet, dari mulai berbayar sampai yang gratisan. Dari sekian banyak penyedia Palylist saya akan mengambil contoh dari peyedia Playlist www.mixpod.com. dan untuk daftar lagunya saya akan mengambil contoh dari www.beemp3.com. Berikut cara mendapatkan Playlist tersebut dan membuat daftar lagu-lagu yang kita inginkan.

Langkah pertama registrasi dulu ke www.mixpod.com, isi data yang diperlukan, setelah berhasil, login dengan alamat E-mail yang telah anda daftarkan tadi. Kemudian akan muncul halaman profile, sebenarnya layanan ini tidak hanya menyediakan playlist untuk lagu saja, tetapi untuk daftar Video pun bisa, tetapi kali ini saya akan memberikan contoh untuk Playlist MP3. Langsung saja pilih Tab Create Playlist seperti tampak gambar di bawah, lalu klik Add URL. Kemudian pada browser anda buat New Tab dan masukan alamat www.beemp3.com.
Create Playlist
Setelah masuk pada situs beemp3.com pilih atau search lagu yang anda inginkan. Seperti contoh berikut saya akan memasukan lagu dari Bondan Prakoso, klik pada lagu tersebut dan akan muncul halaman seperti dibawah ini. Untuk mendapatkan Alamat URL nya anda tinggal copy kode link nya pada tab MP3 URL, copy seluruh kodenya dan paste kan terlebih dahulu pada notepad di komputer anda.
URL BeeMP3
Kemudian kita kembali lagi ke halaman MixPod.com pada tab browser kita. Klik pada Add URL dan akan muncul halaman untuk memasukan Alamat URL, Artis dan Title. Kemudian masukan Alamat URL musik yang telah anda copy pada situs beeMP3, tuliskan Artis dan Titlenya kemudian klik Add Track. Setelah diproses akan muncul pada playlist yang ada disebelah kanan, klik play untuk mendengarkan lagunya. Lakukan cara seperti diatas untuk mendapatkan alamat url lagu yang lainnya.
URL Playlist
Langkah selajutnya anda bisa mendesain playlist yang akan ditampilkan dengan memilih Tab Customize, pilih skins yang anda inginkan, kemudian pilih Setting untuk pengaturan playlisnya, disini anda bisa setting playlist agar lagu langsung menyala ketika alamat blog anda terbuka, ataupun sebaliknya lagu akan menyala ketika diklik play. Setelah selesai klik pada Save Playlist dan masukan judul playlist tersebut, kemudian scrol kebawah klik pada SAVE (Get Code).

Kemudian akan muncul halaman seperti tampak dibawah ini. Lalu copy seluruh code yang tertera dihalaman tersebut untuk di pasang di blog.
Code Playlist
Login ke blog anda, kemudian pada Dashboard klik Rancangan, lalu klik Add Gadget dan pilih Tambah HTML/JavaScript, paste kan kode playlist yang telah anda copy tadi, setelah itu klik save gadget. Selesai.

Sekarang blog anda sudah terpasang playlist dan setiap pengunjung blog anda akan menikmati lagu yang telah terpasang di blog anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar